Kematian Kerang Mutiara

Penyebab kematian kerang mutiara

Dybdahl dan Pass mengatakan bahwa penyebab umum kematian kerang mutiara karena bakteri . Bakteri yang kebanyakan menyerang kerang mutiara adalah Vibrio harveyi. Lester juga melaporkan bahwa kematian dalam pembenihan moluska ada kaitanya dengan keberadaan bakteri tersebut di atas.

Infeksi oleh bakteri Vibrio umumnya terjadi ketika kerang mutiara diangkut dalam tangki dengan sirkulasi air dan udara yang tidak mencukupi selama perjalanan. Ketika kondisi kerang melemah akibat berkurangnya jumlah oksigen dan meningkatnya suhu dalam tangki pengangkut, disaat itulah bakteri Vibrio harveyi berkembang dengan pesat. Hal ini juga dapat terjadi dalam tangki pembenihan yang kerang mutiaranya bisa berupa larva.

Penyebab yang lain adalah perubahan iklim. Iklim dapat berpengaruh terhadap kualitas perairan, sehingga dapat menyebabkan kematian masal pada kerang mutiara. Menurut Yamashita kematian yang lebih besar terjadi pada Pinctada maxima selama musim dingin. Kematian kerang mutiara pada musim dingin terjadi di Australia.

Cara pengelolaan budidaya, setiap pembudidaya memiliki teknik yang berbeda dalam mengelola hewan yang dibudidayakan, serta tergantung pada pemilihan lokasi dan perawatan. Pemilihan lokasi yang kurang baik, mislanya kondisi perairan yang kurang subur, mudah dipengaruhi oleh perubahan musim atau dekat dengan sumber polusi akan berakibat pada kematian kerang mutiara. Selain itu jika perawatan atau pembersihan tidak maksimal juga akan berakibat pada kematian masal.

Tags : , 2 Comments



2 Comments → “Kematian Kerang Mutiara”


  1. bagoes33

    5yearsago

    saya mau tanya,klo mutiara atau kulit mutiarakah cincin yang saya pakai ini..??
    warnanya merah pink dan yang satu lagi ungu warnanya,tims


    • administrasi

      5yearsago

      dear Mas Bagoes,

      kami tidak bisa memberikan jawaban yang pasti karena tidak ada gambar, tapi dilihat dari ciri yang disebutkan, kami memperkirakan itu adalah mutiara air tawar (ciri jelas dari warna mutiaranya)